Kamis, 16 Februari 2012

Laporan 1 tahun Yayasan Gema Insan Amanah


LAPORAN KEGIATAN
YAYASAN GEMA INSAN AMANAH
FEBRUARI 2011 -  JANUARI 2012

PERKEMBANGAN  PROGRAM YAYASAN GEMA INSAN AMANAH.

A.     PROGRAM YANG TELAH BERJALAN

1.       PROGRAM SOSIAL
Program Yayasan Gema Insan Amanah dalam bidang sosial meliputi santunan anak yatim dan dhu,afa yang dimulai semenjak hari  peresmian Yayasan Gema Insan Amanah. Dalam perjalananya Yayasan menyepakati untuk menjadikan hari Minggu di pekan pertama  sebagai hari santunan yatim piatu dan dhu’afa.
Berikut adalah rekam gambar santunan bulanan yang telah dilaksanakan :

           a.       Santunan pada saat Peresmian Yayasan tanggal 27 Februari 2011.
           Santunan diberikan kepada 33 anak yatim/piatu dan 27 dhu’afa berupa dana dan paket              


b.       Santunan  bulan Mei 2011.
Santunan diberikan kepada wali dari anak yatim di kediaman masing-masing, sekaligus melengkapi data-data yang dibutuhkan Yayasan.Dilaksanakan tanggal 8 Mei 2011.



c.      Santunan bulan Juni 2011
Santunan bulan Juni 2011 sudah direncanakan semenjak bulan Mei dalam rangka menyambut Tahun Ajaran Baru 2011-2012 dilaksanakan dalam satu event yang mengundang para donatur Yayasan Gema Insan Amanah dengan tema “menyambut Tahun Ajaran Baru Dengan Semangat Baru”.
Santunan diberikan kepada 33 anak yatim/piatu dan 7 anak dua’fa. Santunan berupa dana dan perlengkapan sekolah berisi tas, buku dan alat tulis. Pada acara ini pengurus berkeinginan untuk menampilkan  kesenian yang menampilkan anak binaan Yayasan Gema Insan Amanah, maka diadakan persiapan dan pelatiahan berupa  latihan Qira’ah, Tari, Baca Puisi dan musik. Dilaksanakan tanggal 5 Juni 2011.



d.       Santunan bulan Juli 2011
Santunan bulan Juli 2011 diberikan kepada wali dari anak yatim/piatu. Santunan ini diberikan termasuk kepada anak-anak yatim/piatu yang baru masuk dalam pendataan sehingga jumlahnya menjadi 41 anak. Santunan ini sekaligus melengkapi pendataan 41 anak tersebut berupa Foto Copy KTP orang tua/wali, Kartu Keluarga, Surat Kematian, Foto Copy raport  yang terakhir dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pihak kelurahan yang data-data ini diperlukan dalam rangka Program Beasiswa dan Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA).



e.      Santunan untuk bulan Agustus dan September  2011.
Santunan untuk bulan Agustus dan September  disatukan dalam Santunan Lebaran yang dilaksanakan sebagai penutup dari rangkaian program “Ramadhan Ceria”.




Santunan Lebaran hari pertama diberikan kepada  41 anak yatim/piatu dan 19 anak dhu’afa, yang dilaksanakan di Sekertariat Yayasan Gema Insan Amanah. Santunan berupa dana dan paket lebaran Dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2011


Santunan Lebaran hari kedua diberikan kepada 27 Dhuafa. Santunan berupa dana dan paket lebaran. Pelaksanan dipusatkan di kediaman Bapak Sanin ,ketua RT 001 RW 001. Dilaksanakan tanggal
                                                                              29 Agustus  2011.
g.   Santunan bulan Oktober 2011
         Santunan bulan Oktober 2011 turut dibantu oleh kel. Bpk Supri dari Perumahan Bumi Cikarang  Makmur (BCM) kepada  43 anak yatim dan 27 dhuafa.


Penyerahan Santunan secara simbolis kepada sebagian anak yatim yang mengikuti  kegiatan Bahasa Inggris.

h.    Santunan bulan Nopember dan Desember 2011
       Santunan bulan Nopember dan Desember dilaksanakan dalam suatu rangkaian Peringatan Iedul Qurban dan Peringatan 10 Muharrom


     Pelaksanaan Qurban dengan tajuk “Qurban Peduli Sesama” dilaksanakan tanggal 6 Nopember 2011




Pelaksanan Peringatan Lebaran Anak Yatim 10 Muharrom dilaksanakan tanggal 11 Desember 2011


i.   Santunan bulan Januari 2012
        Santunan bulan Januari 2012 dilaksanakan di Sekretariat Yayasan Gema Insan Amanah untuk 44 anak yatim dan di kediaman Bapak Sanin Ketua RT 001 untuk 27 dhu’afa.


Santunan  anak yatim dilaksanakan tanggal 5 Januari 2012


Santunan untuk kaum dhu’afa dilaksanakan tanggal 2 Januari 2012

j.  Santunan yang dilakukan secara langsung  oleh para donatur Yayasan Gema Insan Amanah yang tidak dapat kami tampilkan satu-persatu dalam laporan ini. Santunan kepada para anak yatim/piatu  ini dalam event diluar agenda Yayasan semisal undangan aqiqah, ulang tahun,ataupun undangan perayaaan hari besar Islam.



2.          PROGRAM PENDIDIKAN
Dalam program pendidikan Yayasan Gema Insan Amanah dapat dilihat dalam rangkaian kegiatan harian yang didikuti oleh anak yatim/piatu dan dhu’afa binaan yayasan. (Jadwal terlampir). Berikut rangkuman kegiatan harian anak binaan di Yayasan Gema Insan Amanah :

a.       Pelatihan Bahasa Inggris – The  Insan Amanah Kid English Course. 
Dilaksanakan setiap Minggu pagi jam 09.00. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Juli 2011. Pembimbing dalam kegiatan ini adalah Ibu Isnaini Rohdiyah dari Bekasi Barat. Peserta kegiatan ini adalah anak yatim/piatu dan dhu’afa binaan Yayasan Gema Insan Amanah di lingkungan RT 001 dan RT 002 Kampung Rawalintah yang berusia SD.

b.      Taman Belajar Al Qur’an (TBQ).
Program TBQ ini dalah program yang pertama kali digulirkan tepatnya tanggal 10 April 2011. Sampai hari ini masih terus berjalan setiap hari Minggu jam 14.30 dimana kelasnya terbagi dalam kelas Iqra dan Qur’an. Pembimbing kegiatan ini adalah Ust. Supar dibantu oleh Ustzh. Asiah dari Tambun.

c.       Kesenian Tari.
Program ini semula hanya demi persiapan event santunan tahun ajaran baru tetapi karena animo anak-anak yatim khususnya anak yatim perempuan maka agenda ini dirutinkan dalam kegiatan harian yang dilaksanakan setiap hari Senin  dan Selasa sore jam 15.30. Kegiatan ini diasuh oleh Sdri. Siti Jumariyah yang sehari-harinya adalah resepsionis Yayasan Gema Insan Amanah. Sampai hari ini tarian yang sudah dikuasai adalah :
-          Tari Assalamu’alaikum
-          Tari Intifada
-          Tari Cindai
-          Tari Marhaban Ya Ramadhan
-          Tari Suci Sekeping Hati
-          Tari Dindin Ba Dindin
-          Tari Zikir Anak

d.      Kesenian Marawis.
Untuk program ini belum berjalan dikarenakan belum ada guru pembimbing. Tetapi peralatan marawis sudah ada.

e.      Latihan Qira’ah.
Latihan qira’ah ini dilaksanakan setiap hari Kamis. Untuk anak-anak dari jam 15.30 sampai jam 17.00 dan remaja dimulai ba’da maghrib dilanjutkan dengan zikir dan tahlil bersama pengurus Yayasan Gema Insan Amanah. Kegiatan ini dibimbing oleh Ust. Supar.

f.        Jari Pintar Aritmatika (JPA).
Program ini adalah program dari JPA cabang Cikarang yang diberikan kepada anak-anak binaan Yayasan Gema Insan Amanah usia SD dalam rangka membantu anak dalam pelajaran hitungan khususnya matematika. Khusus untuk anak binaan Yayasan Gema Insan Amanah dibebaskan dari biaya. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 24 September 2011, kemudian dijadwalkan setiap hari Sabtu jam 15.30.






3.        PROGRAM KEAGAMAAN
Cakupan  dalam program ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan  yayasan meliputi :
a.       Kegiatan perayaan hari-hari besar Islam. Yang sudah dilaksanakan  :
-          Maulid Nabi Muhammad SAW
-          Isra Mi’raj
-          Rangkaian program di bulan Ramadhan 1432 H.
-          Peringatan Iedul Qurban.
-          Peringatan Lebaran Anak Yatim.
b.      Kegiatan yang memfasilitasi para donator yang melaksanakan hajat yang ingin menyertakan anak-anak yatim  seperti Aqiqah, Syukuran , ulang tahun anak dan lain-lain.


B.        PROGRAM JANGKA PANJANG

Untuk program-program Yayasan Gema Insan Amanah yang kami kategorikan dalam Program   Jangka  Panjang   yang meliputi :
a.      Program Wakaf Tunai untuk Pembebasan Tanah dan Pembangunan Rumah Yatim Yayasan Gema Insan Amanah.
b.      Program Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA). 


Demikian program-program Yayasan Gema Insan Amanah baik yang sudah berjalan maupun yang   akan berjalan. Laporan ini dibuat sebagai media untuk menginformasikan perjalanan yayasan. Kami terus mengharapkan dukungan dan partisipasi dari Bapak/Ibu kaum Muslimin wal Muslimat demi tercapainya cita cita besar kita semua yaitu menghantarkan generasi muda yang berahlaqul karimah, berpendidikan luas, mandiri dan bermartabat. Semoga segala amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal’alamin.

Bekasi, 28 Januari 2012

Mengetahui,
Pengurus Yayasan Gema Insan Amanah
Ketua Yayasan                                                                                Sekretaris



   Hasan Basri                                                                                     Siswandi



1 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya. Semoga selalu berkah dan amanah. Aamiin.

    BalasHapus